Glossary M-N

M – N (updated periodically)

Mahayu Jagat : derived from the word hayu which means rahayu or safe/good luck and jagat which means jagat alit (human world) and jagat ageng (the universe). Mahayu Jagat procession usually is held along with marisuda gumi ritual.
Mahayu Jagat : berasal dari kata hayu yang artinya rahayu atau selamat dan jagat, yang berarti jagat alit (manusia) dan jagat ageng ( alam semesta), mahayu jagat adalah salah satu prosesi dalam rangkaian upacara besar yang bertujuan untuk membersihkan bhuana alit dan bhuana agung (diri manusia dan alam semesta). Upacara mahayu jagat biasanya dilaksanakan bersamaan dengan prosesi marisuda gumi.

Mapepada Wewalungan : a procession for the sacrificial animal. Intended to sanctify and to lift up the quality of the animal soul in order those sacrificial animal will have higher degree in the next life.
Mapepada Wewalungan : sebuah prosesi upacara yang dipersembahkan bagi hewan-hewan yang akan menjadi kurban pada saat pujawali agung. Bertujuan untuk menyucikan dan meningkatkan kualitas roh dari hewan-hewan tersebut sehingga dalam kehidupan selanjutnya, hewan-hewan yang dipakai sebagai wewalungan akan terlahir kembali dengan derajat yang lebih tinggi dikehidupan selanjutnya. Digunakan banten bea kaon untuk memproses sifat kebinatangannya dilanjutkan dengan doa puja dan kualitas rohnya ditingkatkan dengan banten bebangkit.

Marisuda Gumi : marisuda from the word suda which mean sanctification. this ritual is held along with mahayu jagat. The purpose of this ritual is to “clean up” our self and the universe (spiritually).
Marisuda Gumi : marisuda berasal dari kata suda yang berarti penyucian, sebuah prosesi dari sebuah rangkaian upacara besar biasanya dilakukan bersamaan dengan prosesi lainnya yaitu: mahayu jagat. Makna dari prosesi ini untuk membersihkan bhuana alit dan bhuana agung (diri manusia dan alam semesta).

Nangluk Mrana : nangluk mrana is a ceremony which is held to pray to Ida Sang Hyang Widhi, the Almighty God, to protect the village (where the ceremony is held) from negative disruption or disease epidemic. 
Nangluk Mrana : merupakan upacara yadnya yang dilaksanakan sebagai permohonan kepada Ida Sang Hyang Widhi, Tuhan Yang Maha Esa agar berkenan menangkal atau mengendalikan gangguan-gangguan yang dapat membawa kehancuran atau penyakit.

Niskala : the unseen world, spiritual world. Skala and niskala, the seen and unseen world
Niskala : dunia yang tak kasat mata, yang tak tampak, dunia gaib.

Leave a Reply

+ 61 = 68